PT. MEDIA LIRIK BANGGAI - NOMOR : AHU-038003.AH.01.30.Tahun 2024 - Alamat : Jl. G. Tompotika No. 31, Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah - HP : 0852-4146-3263 - Email: Lirikbanggai@gmail.com
banner large

Siapa Calon Banggai 2 Sulianti Murad…??? di Pilkada Banggai 2024

Komentar
X
Bagikan

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai Sulianti Murad bakal kembali menjajal kemampuannya untuk berkompetisi pada Pilkada Banggai 2024.

Meski dirinya pernah Gagal di Pilkada Banggai 2020, itu bukan menjadi akhir dari perjalanan politiknya.

Informasi yang diterima wan studio luwuk, Minggu (14/04/2024)’ Ada dua nama yang kerap disebut sebut akan menjadi pendamping Sulianti Murad pada kontestasi Pilkada Banggai pada November tahun ini.

Kedua nama itu adalah’ Samsul Bahri Mang dan Suprapto. Dua politisi berbeda partai politik ini’ menjadi pilihan Ketua Perwis dan Ketua KKSS Kabupaten Banggai untuk menjadi calon Banggai 2.

Ada beberapa alasan sehingga mantan Ketua DPD Partai Golkar dan mantan Ketua DPRD Banggai 2 periode ini menjadi bidikan Sulianti Murad.

Bali Mang’ banyak dirindukan masyarakat Kabupaten Banggai untuk masuk dalam kontestasi pemilihan kepala dan wakil kepala daerah tahun ini.

Buktinya iya menjadi rising star di tahun politik ini dan terpilihnya sebagai anggota DPRD dapil IV Sulteng, tanpa politik uang.

Bali Mang juga dinilai punya segudang pengalaman di panggung politik Banggai dan sebagai politisi yang mudah berbaur dengan semua kalangan lapisan masyarakat.

Apalagi selama beberapa kali perhelatan Pilkada Banggai’ niatan Bali Mang maju sebagai kandidat kerap tercancel. Tokoh kedua yang diwacanakan akan menjadi calon Banggai 2 Sulianti Murad adalah’ Suprapto. jika Sekretaris DPC PDI Perjuangan yang juga Ketua DPRD Banggai ini berpasangan dengan Sulianti Murad.

Diyakini’ Suprapto akan menjadi penopang suara pasangan ini’ yang pada pemilihan legislativ kemarin bertarung di Daerah pemilihan 4 Banggai’ yang memiliki jumlah wajib pilih terbanyak.

Bukan perkara mudah bagi Sulianti Murad Untuk menggandeng Bali Mang mendampinginya. Tentunya Akan lahir dinamika politik ketika paket itu lahir.

Pertama’ siapa yang akan menjadi calon Banggai 1 dan calon Banggai 2. Apakah Sulianti Murad sebagai calon Bupati Banggai Atau sebaliknya Bali Mang yang menjadi calon Banggai 1. Kedua, apakah pada Pilkada Banggai akan terbangun koalisi antara Partai Golkar dengan Partai Gerindra.

Pasalnya, Partai Golkar telah memiliki tiga figur yaitu Bali Mang, Beniyanto Tamoreka dan Amirudin yang merupakan bakal calon incumbent di Pilkada Banggai yang sudah mendapat surat tugas dari DPP sebagai bakal calon Bupati. Begitu pula dengan Suprapto’ akan ada dinamika politik terjadi. Isu putra daerah akan muncul apabila paket ini ada. Politik itu elastis. Semua hal bisa terjadi. Yang pasti bukan Kabupaten Banggai namanya, jika pertarungan Pilkada nya tidak berlangsung seru, kompetitif dan penuh warna.