PT. MEDIA LIRIK BANGGAI - NOMOR : AHU-038003.AH.01.30.Tahun 2024 - Alamat : Jl. G. Tompotika No. 31, Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah - HP : 0852-4146-3263 - Email: Lirikbanggai@gmail.com
banner large

Koalisi Gemuk di Pilkada Banggai tak Dijamin Menang, AT-FM Masih Dicintai Rakyat

Komentar
X
Bagikan

BANGGAI — Bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka dan Furqanuddin Masulili (AT-FM) kalah jumlah koalisi partai politik (parpol) dukungan. Duet petahana ini hanya punya 13 kursi, yakni Partai Golkar 11 kursi dan PAN 2 kursi.

Meski begitu tak menyurutkan semangat partai politik pengusung untuk memenangkan paslon AT-FM di Pilkada Banggai 2024.

Diyakini, Bupati dan Wakil Bupati Banggai yang telah banyak memberi karya pembangunan secara signifikan ini, masih dicintai rakyat Kabupaten Banggai.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai, Irwanto Kulap, Selasa (13/08/2024) mengatakan, berdasarkan koalisi parpol pengusung di DPRD Banggai, pasangan AT-FM kalah jumlah kursi.

Akan tetapi sambung Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Banggai ini, tidak menjamin koalisi gemuk akan menjadi pemenang di Pilkada Banggai 2024.

“Koalisi gemuk di pilkada Banggai tak dijamin menang. Banyak daerah lain koalisi gemuk kalah,” ucap Irwanto Kulap.

Dia menjelaskan, parpol pengusung di Pilkada merupakan syarat untuk pencalonan kepala dan wakil kepala daerah. Dan yang menentukan itu adalah rakyat sebagai pemegang kedaulatan.

“Ini kan cuma syarat untuk kita berlayar. Kan syaratnya minimal 7 kursi atau 20 persen. Semua di tangan rakyat,” kata Irwanto.

Caleg terpilih dengan perolehan terbanyak pada Pemilu 2024 ini menambahkan, hanya ada dua syarat kandidat paslon itu bisa memenangkan pertarungan politik.

Yakni strategi yang mantap serta finansial yang kuat.

“Biar kamu kumpul semua partai, kalau injury time tidak memiliki dua konsep tadi, maka rubuh,” katanya.

“Ada finansial, tapi tidak tahu startegi maka menguap. Dan ada strategi tapi tidak ada finansial, endingnya buntu,” tambah kandidat kuat Ketua DPRD Banggai periode 2024-2029 ini. *