PT. MEDIA LIRIK BANGGAI - NOMOR : AHU-038003.AH.01.30.Tahun 2024 - Alamat : Jl. G. Tompotika No. 31, Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah - HP : 0852-4146-3263 - Email: Lirikbanggai@gmail.com
banner large

Bappeda Banggai Siapkan Nama Pengganti Program 1 Juta Satu Pekarangan

Komentar
X
Bagikan

LIRIK BANGGAI — Program unggulan Pemkab Banggai, 1 Juta Satu Pekarangan akan berganti nama. Hal itu disampaikan Kepala Bappeda yang juga Pejabat Sekda Banggai Ramli Tongko, Kepada sejumlah wartawan di Hotel Estrella Luwuk, Senin (07/08/2024).

Ramli Tongko menjelaskan alasan sehingga nama baru program itu harus dipersiapkan.

Program 1 Juta Satu Pekarangan tetap berlanjut. “Rekomendasi kami di Game Hanger ini tetap berlanjut dan lebih masal. Menjadi gerakan masal dari seluruh masyarakat Kabupaten Banggai untuk memanfaatkan pekarangannya, tidak lagi terkotak. Ada kelompok yang harus menerima masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Kita berharap seluruh pekarangan bisa termanfaatkan,” kata Ramli.

Intinya sambung Sekda Banggai, lewat program itu bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga. Atau bisa memenuhi kebutuhan rumah tanggan pangan dan gizinya secara mandiri.

“Termasuk ketika harga melambung tinggi yang utama itu rica, bawang dan tomat bisa konsumsi hasil mereka,” kata Ramli Tongko sembari menambahkan bukan hanya cegah kemiskinan, tapi mencegah inflasi.

Disentil soal persepesi perubahan nama program dari 1 Juta Satu Pekarangan menjadi Pemasalan Pemanfaatan Pekarangan, Sekda Banggai memberi jawaban singkat.

“Tergantung kepala daerahnya. Kalau lanjut pak Amirudin, maka tetap 1 Juta Satu Pekarangan. Kalau yang lain yah, makanya bahasanya menjadi lebih fleksibel,” ucap Ramli Tongko.

Terkait dengan jumlah estimasi Pemasalan Pemanfaatan Pekarangan, Ramli memberi gambaran ada sekitar 100 ribu lebih warga yang terdampak positif dari program itu.

“Estimasi kita pada pendekatan jumlah Rumah tangga. Yah sekitar 100-an. Tapi kita lagi cari rumusannya, tentu dengan melibatkan beberapa dinas. Dengan begitu lebih ter integrasi,” ujar Ramli Tongko.

Sebelumnya, Ramli Tongko menjadi salah satu narasumber pada kegiatan sosialisasi PKPU nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan penyusunan terkait visi dan misi program Bakal Calon Kepala Daerah sesuai dengan RPJPD.

Kegiatan yang dilaksanakan KPU Banggai dan dihadiri unsur Forkopimda, perwakilan partai politik serta media yang menjadi peserta, Ramli Tongko memaparkan materi salah satunya tentang upaya transformative super prioritas (game hanger) 2025-2045. *